Dalam course ini, mahasiswa akan belajar prinsip dasar informasi geospasial, teknik survey geospasial, dan pengolahan data geospasial sesuai dengan SKKNI bidang informasi geospasial. Selain dapat memahami kebutuhan dan penggunaan informasi geospasial, mahasiswa juga akan dibekali dengan kemampuan mengoperasikan peralatan pengumpulan data geospasial mulai dari tahap persiapan sampai pada perekaman yang didukung oleh perlalatan survey terrestrial yang terbaru. Mahasiswa langsung dapat memiliki pengalaman terkait operasi alat survey seperti GPS handled, GPS Geodetic, Drone for Mapping, dan alat ukur terestris lain untuk mengidentifikasi data lapangan dengan didampingi oleh dosen praktisi yang bersertifikat kompetensi. Tidak hanya sampai pada perekaman data, mahasiswa juga akan ditanamkan kompetensi terkait pengolahan dasar data geospasial sehingga menjadi informasi geospasial yang memadai untuk kebutuhan lainnya berbasis webGIS.
Selain itu, mahasiswa juga akan dilatih untuk memiliki kompetensi setara dengan teknisi utama sistem informasi geospasial (SIG) dengan praktik pengumpulan dan pengolahan data suatu kawasan. Praktik akan diawali dengan mengukur kebutuhan data untuk perencanaan kawasan kemudian mahasiswa belajar menyusun desain survey, melaksanakan prosedur survey terestris, mengaplikasikan etika pelaksanaan survey, dan melaksanakan pengolahan data geospasial sesuai proyek kasus yang diberikan. Pada course ini akan membangun mahasiswa untuk berkerja secara tim dalam kesusksesan proyek kasus survey dan secara mandiri mengaplikasikan.
Course ini cocok bagi mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, dan Teknik Geomatika yang tertarik untuk berkarir di bidang informasi geospasial dan ingin tersertifikasi sebagai teknisi SIG. Di akhir course, mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk mengikuti ujian sertifikasi skema Operator SIG dan Teknisi SIG dari LSP Geospasial sehingga mahasiswa memiliki keunggulan kompetitif dan pengakuan terhadap kompetensi yang dimilikinya.